Barang & Jasa


Untuk memenuhi kebutuhan manusia, maka diperlukan alat-­alat pemuas kebutuhan. Alat pemuas kebutuhan itu dapat berupa barang (goods) atau jasa (services). Barang, merupakan segala sesuatu yang menjadi alat langsung atau tidak langsung dapat memenuhi kebutuhan berwujud, sedang jasa merupakan segala sesuatu yang dapat memenuhi kebutuhan yang tidak berwujud, misalnya, jasa dokter, jasa guru, musik, film, penginapan, angkutan, rekreasi, dan sebagainya.
Barang ditinjau dari cara perolehannya terdiri dari barang bebas atau barang non ekonomi (non economic goods ), misalnya, udara, sinar matahari, dan barang ekonorni (economic goods) misalnya., pakaian, rnobil, perumahan, televisi. Barang ditinjau dari segi tujuan penggunaannya terdiri dari : barang konsumsi (consumption goods) misalnya., makanan, rokok, bensin, dan barang konsumsi tahan lama
(durable consumption goods), misalnya, perabot rurnah tangga, mobil, serta barang produksi (production goods). misalnya bahan mentah, bahan penolong, dan Barang produksi tahan lama (durable production goods) rnisainya, mesin, gudang, tanah, perkakas. Barang ditinjau dari segi hubungan antara satu benda dengan benda lainnya teridiri dari : barang substitiusi, misalnya rnentega dengan margarine, sabun Palmolive dengan sabun Biore, dan barang komplementer, misalnya jarurn dengan benang, mobil dengan premiuun. Barang ditinjau dari segi jaminannya terdiri dari : barang bergerak misalnva, perhiasan, BPKB kendaraan bermotor, dan barang yang tidak bergerak misalnya bangunan yang sertifikatnya dapat dijaminkan untuk pinjaman jangka panjang sebagai pinjarnan hipotek.