Selasa, 15 Februari 2011

Pengertian Pendapatan Nasional



Pengertian pendapatan nasional dapat dipandang dari berbagai sudut yakni; pendapatan nasional berupa uang, pendapatan nasional nyata (real income), pendapatan nasional potensial (potencial income), dan pendapatan nasional psikis.
Pendapatan nasional berupa uang, pada tahun tertentu merupakan nilai yang dinyatakan berupa uang daripada barang-barang yang dikonsumsi pada tahun yang bersangkutan ditambah dengan investasi netto yang dilakukan pada tahun tersebut. Dengan demikian pendapatan nasional berupa uang dinyatakan dalam kesatuan uang perkesatuan waktu.

Pendapatan nasional nyata merupakan suatu arus benda (flow of goods). Pendapatan tersebut meliputi jumlah kesatuan fisik produk , yang pada tahun bersangkutan untuk tujuan konsumsi dan investasi netto. Antara pendapatan nasional berupa uang dan pendapatan nasional nyata terdapat hubungan sebagai berikut :
Pendapatan nasional nyata = pendapatan nasional berupa uang atau tingkat harga umum. Pendapatan nasional psikis merupakan jumlah kepuasan netto yang telah dinikmati oleh anggota-anggota perekonomian selama tahun yang bersangkutan. Dipandang secara teoritis murni, maka pengertian pendapatan nasional terakhir adalah sangat penting, karena ilmu ekonomi pada hakekatnya hanya memperhatikan utility yang dicapai oleh subjek-subjek ekonomi daripada barang-barang. Sedang untuk keperluan praktis dapat dipakai hanya pengertian-pengertian pendapatan nasional berupa uang dan pendapatan nasional nyata.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar