Permintaan (Demand)

Permintaan (Demand) merupakan suatu skedul yang menunjukkan “kuantitas (jumlah) kesatuan barang yang akan dibeli dengan berbagai macam harga tertentu, selama jangka waktu tertentu (persatuan waktu).”

Permintaan merupakan suatu skedul yang menunjukkan hubungan antara quantity of demanded (jumlah yang diminta) dengan price (harga). Bilamana skedul tersebut dugambarkan dalam suatu grafik, maka ia disebut Demand Curve. Permintaan di atas adalah Individual Demand (permintaan perorangan).

Kumpulan dari seluruh permintaan perorangan dinamakan Market Demand (permintaan pasar). Jadi Pemintaan Pasar adalah skedul yang menunjukkan jumlah barang yang seluruh perorangan di pasar bersedia untuk membelinya pada berbagai tingkat harga, dan pada suatu waktu tertentu.

Dalam permintaan terdapat suatu hukum (Law of Demand) yang menyatakan : “Cateris Paribus, jumlah barang yang diminta bergerak bertentangan dengan harga”. Artinya, jika harga naik ( P ↑ ) maka jumlah barang yang diminta turun ( Qd ↓ ), dan sebaliknya jika harga turun ( P ↓ ) maka jumlah barang yang diminta naik ( Qd ↑ ).

Cateris Paribus merupakan asumsi berlakunya hukum permintaan (Law of Demand) tersebut. Cateris Paribus artinya hal-hal lain tetap yang meliputi antara lain ;
  1. Selera (taste) atau preferensi konsumen
  2. Pendapatan konsumen (berupa uang)
  3. Harga barang-barang lain
  4. Tidak ditemukan barang substitusi/komplementer yang berhubungan dengannya
  5. Perkiraan/harapan (espektasi) konsumen mengenai harga dan pendapatan pada masa yang akan datang.
  6. Barang yang dibeli bukan untuk mendapatkan penghargaan sosial (social prestige). 

Dengan dipenuhinya asumsi di atas, maka perubahan harga (change in price) akan menimbulkan perubahan pada jumlah barang yang diminta (change in quantity demanded). Perubahan jumlah barang yang diminta ini ( ∆ Qd ) terlihat sepanjang demand curve seperti pada contoh di bawah. 

Simbol Permintaan :  
d = Permintaan individu akan suatu barang 
D = Permintaan total akan suatu barang

Contoh :


Fungsi Permintaan suatu barang :
Qdx = 8 - Px

Buatkan :

a.Schedule/skedul (daftar) permintaan
b.Grafik

Jawab :

 a. Schedule/skedul (daftar) permintaan


b. Grafik