Sejarah Ilmu Ekonomi



Ilmu ekonomi dianggap sebagai uatu disiplin baru mulai Tahun 1776, yaitu sejak ditulisnya sebuah buku oleh seorang ahli ilmu ekonomi. Adam smith. Buku tersebut berjudul “An Inqury into the nature and cause of the wealth of Nation”.Tahun tersebut sering dianggap sebagai tahun Kelahiran ilmu ekonomi dan Adam Smith sebagai bapak ilmu ekonomi.

Prinsip Pemberian Kredit (FIVE C PRINCIPLE)

        Sebelum saya menjadi seorang tenaga pengajar di Fakultas Ekonomi UNISKA Banjarmasin, saya pernah bekerja sebagai Surveyor di sebuah perusahaan Leasing swasta di daerah saya, saya banyak belajar dari pengalaman tersebut, dari masalah marketing sampai dengan masalah memberikan perkreditan kepada nasabah/konsumen bagi anda yang bekerja di bidang ekonomi, khususnya perbankan? Tentu anda mengenal konsep 5C, yaitu Character (karakter), Capacity

Pengertian Ilmu Ekonomi

Istilah Ekonomi berasal dari bahasa Yunani yaitu Oikonomeia atau Oikosnomos. Kata ini sebenarnya terdiri dari dua suku kata yaitu Oikos yang berarti rumah tangga dan Nomos yang berarti peraturan. Dengan demikian Ekonomi diartikan mengatur rumah tangga. Rumah tangga di sini dapat diartikan sebagai setiap bentuk kerjasama untuk mencapai kemakmuran atas dasar prinsip ekonomi.

Ekonomi Makro

Ekonomi makro atau makro ekonomi adalah studi tentang ekonomi secara keseluruhan. Makro ekonomi menjelaskan perubahan ekonomi yang mempengaruhi banyak rumah tangga (household), perusahaan, dan pasar. Ekonomi makro dapat digunakan untuk menganalisis cara terbaik untuk mempengaruhi target-target kebijaksanaan seperti pertumbuhan ekonomi, stabilitas harga, tenaga kerja dan pencapaian keseimbangan neraca yang berkesinambungan.

Ekonomi Mikro

Ilmu ekonomi mikro (sering juga ditulis mikroekonomi) adalah cabang dari ilmu ekonomi yang mempelajari perilaku konsumen dan perusahaan serta penentuan harga-harga pasar dan kuantitas faktor input, barang, dan jasa yang diperjualbelikan. Ekonomi mikro meneliti bagaimana berbagai keputusan dan perilaku tersebut mempengaruhi penawaran dan permintaan atas barang dan jasa, yang akan menentukan harga; dan bagaimana harga, pada gilirannya, menentukan penawaran dan permintaan barang dan jasa selanjutnya